Thursday, March 20, 2014

Seputar Hosting dan Infonya


Apakah Hosting itu?

Hosting secara umum dapat didefinisikan sebagai suatu bentuk layanan jasa penyewaan tempat untuk menyimpan file/berkas pada jaringan internet. Berkas yang disimpan bisa berupa file website/situs, email, atau file-file lainnya, dimana  nantinya file-file tersebut akan dapat diakses oleh user dari jaringan internet.


Ada berapa jenis Hosting ?
Terdapat beberapa jenis webhosting, yaitu:

1.Share Hosting, merupakan sebuah layanan hosting, dimana pada satu server hosting terdapat beberapa account yang dapat menggunakannya secara bersamaan baik service dan resource.
 Pada jenis hosting ini, prilaku satu account hosting akan dapat mempengaruhi kepada account yang lain, terutama apabila account tersebut menggunakan resource terlalu besar yang mengakibatkan kinerja server terganggu atau melakukan pengiriman email massal yang berakibat ip server terblokir oleh anti spam.

2.VPS (Virtual Private Server), merupakan sebuah layanan hosting yang secara umum sama dengan jenis shared hosting, perbedaannya adalah pada pembagian resource per user/account sehingga tidak terjadi perebutah resource server.

3.Dedicated Server, merupakan jenis layanan hosting dimana satu server hanya disewa/digunakan oleh satu user/account hosting. Keunggulana dari jenis ini adalah performa server dan resource yang berlimpah. Pada jenis ini juga terbagi menjadi 2 (dua), yaitu :

    Colocation, pada layanan ini, mesin disediakan oleh penyewa dan ditempatkan di data center penyedia hosting)
    Dedicated Hosting, pada layanan ini penyedia hosting menyediakan mesih dan juga datacenter nya.


Mengapa Blogger Memerlukan Hosting?
Yap, sebagai seorang blogger tentunya secara anda sadari atau tidak pasti membutuhkan tempat mempublikasikan tulisan anda ke dunia internet. Contohnya jika anda mempunyai blog di WordPress.com, Blogger.com, Multiply.com, DagDigDug.com, dan jasa blog lainnya, otomatis anda telah memakai jasa hosting yang mereka sediakan. Tapi jika anda memilih untuk self-hosted seperti Bloggingly ini, maka tentunya anda harus memiliki sewa hosting sendiri.

Memilih Jasa Web Hosting yang Baik
Ketika anda memutuskan untuk memiliki blog atau website yang hosting sendiri, maka anda harus bisa memilih-milih jasa web hosting yang baik.
 Yang harus anda perhatikan ketika memilih hosting untuk blog atau website anda adalah:

1. Kebutuhan anda terhadap space dan bandwidth. Semakin banyak tulisan anda, maka semakin besar space yang akan dibutuhkan. Semakin banyak pengunjung blog anda maka semakin besar bandwidth yang dibutuhkan agar tidak terjadi server full load
2. Perhatikan layanan dan fitur dari tempat anda akan menghostingkan blog atau website anda. Bisa mencakup software apa saja yang ada di hostingnya serta support dari jasa hostingnya.
3. Target pembaca. Jika anda memilih target pembaca dari dalam negeri ada baiknya menggunakan server lokal saja agar lebih menghemat bandwidth. Tetapi jika anda memilih target yang glogal, maka tak ada salahnya anda memilih server luar negeri seperti di Amerika. Tapi keadaan ini tidaklah mutlak.
4. Harga yang pas. Konsultasikan kepada mereka yang lebih paham tentang kebutuhan hosting anda agar jasa yang anda sewa sesuai dengan uang yang akan anda keluarkan.

Cara Menyewa Web Hosting

1. Untuk menyewa jasa hosting anda perlu mengetahui hosting mana saja yang tersedia di tempat anda atau setidaknya di Indonesia.
2. Kemudian anda klik bagian pesan/ registrasi dari setiap halaman utama jasa hosting tersebut.
3. Ikuti saja langkah yang di instruksikan seperti memilih nama domain, cek ketersediaan nama domain yang anda inginkan, dan selesaikan pembayarannya.
4. Jika hosting anda sudah online biasanya anda akan mendapat email dari penyedia jasa atau chat saja officer yang sedang online di homepagenya.


Demikianlah seputar info tentang hosting.
Semoga bermanfaat.


No comments:

Post a Comment