Wednesday, April 2, 2014

Dasar-dasar HTML



Hypertext Markup Language (HTML) merupakan dasar untuk membuat sebuah halaman website. Dokumen dan aplikasi yang dapat berjalan di atas web browser umumnya memiliki format hypertext markup language (HTML). Meskipun sekarang terdapat banyak tool atau software yang dapat digunakan untuk merancang sebuah halaman secara WYSIWYG (what you see is what you get), jadi apa yang anda lihat itulah yang akan anda dapatkan seperti frontpage, dreamweaver, adobe golive, dll. Namun anda harus tetap menguasai HTML karena HTML merupakan dasar apabila Anda ingin mempelajari dan lebih mendalami tentang web programming. Hal ini menunjukan bahwa sangat pentingnya mempelajari dasar-dasar HTML. Karena itu untuk dapat melakukan pemrograman aplikasi di atas web anda harus terlebih dahulu menguasai HTML.





Struktur Dokumen HTML


Sebelum belajar mendesign suatu website, maka yang pertama sekali yang perlu di ketahui dalam bahasa pemograman adalah strukture dokumen html. Setiap dokumen atau halaman HTML memiliki struktur atau susunan file seperti terlihat pada contoh berikut :




Seperti terlihat, struktur file HTML diawali dengan sebuah tag <html> dan ditutup dengan </html>. Di dalam tag ini terdapat dua buah bagian besar, yaitu yang diapit oleh tag <head> … </head> dan tag <body> … </body>. Header dari halaman HTML diapit oleh tag <head> dan bagian ini tidak ditampilkan pada browser. Bagian ini berisi tag-tag header seperti <title> … </title> yang berfungsi untuk menampilkan judul pada title bar window pada web browser. Tag lain misalnya <meta> dan tag-tag lainya yang akan kita pelajari selanjutnya. Bagian kedua yang diapit oleh tag body merupakan bagian yang akan ditampilkan pada halaman web browser nantinya. Pada bagian ini anda dapat menuliskan semua jenis informasi berupa teks dengan bermacam format maupun gambar yang ingin anda sampaikan pada pengguna nantinya. Untuk lebih memperjelas perhatikan gambar berikut ini :




Selamat mencoba

No comments:

Post a Comment