Friday, January 31, 2014

SEO (Search Engine Optimization)

Seringkali kita para pemerhati website dan blogger dihadapkan pada kata SEO.
Sebenarnya apakah SEO itu ?
Apakah gunanya ? Bagaimana cara membuatnya?
Dan berbagai pertanyaan lain yang muncul dari kata ini.

Sedikit ulasan dari kami mengenai SEO akan kita urai di pokok bahasan ini.


SEO (Search Engine Optimization) atau optimalisasi mesin pencari  adalah serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis Kalau bahasa mudahnya adalah cara untuk memaksimalkan apa yang anda buat di website anda supaya website anda terbaca di search engine seperti google, yahoo, bing dan lain².



Tujuan SEO. 
SEO bertujuan untuk meningkatkan kualitas/ volume kunjungan dari mesin pencari menuju ke situs tujuan alamat website tersebut artinya website tersebut mendapatkan traffic kunjungan dari search engine dan menempatkan  website pada posisi teratas (atau setidaknya pada halaman pertama) dari hasil pencarian pada keyword yang telah ditentukan.


 SEO juga adalah sebuah teknik untuk memperbaiki peringkat situs Anda di search engine. Teknik ini sebenarnya tidak ada yang baku, akan tetapi Anda harus mengetahui Teknik secara benar agar dapat memperoleh hasil yang maksimal. Anda dapat memperoleh informasi tentang SEO secara bebas di Internet akan tetapi terkadang karena banyaknya informasi tersebut akan membuat Anda semakin bingung bagaimana menjalani SEO secara benar.

Tekhnik SEO
Secara garis besar tekhnik SEO dibagi menjadi 2 bagian :
1.On Page SEO
2.Off Page SEO

On Page SEO
Adalah sebuah teknik pembuatan halaman Website yang Search Engine Friendly dengan memperhatikan relevansi Keyword yang di bidik terhadap konten halaman itu sendiri.  gambar di bawah ini dapat mewakili secara garis besarnya.





Off Page SEO
Adalah sebuah teknik untuk membangun Authority, Trust dan Relevansi Website Anda dengan halaman lain yang memberikan Voting di Internet. Teknik SEO Off Page ini adalah 60% hal terpenting dalam membuat Website dengan traffik tinggi melalui Search Engine seperti: Google, Bing dan Yahoo. Ada beberapa Master SEO yang mengatakan SEO Off Page adalah hanya Backlink, akan tetapi setelah kita amati  dengan mengikuti Update Google Panda dan Google Pinguin. SEO Off Page menjadi lebih rumit.

Selain dari faktor Authority, Trust dan Relevansi masih ada Diversity, IP dan masih banyak lagi, di tambah lagi dengan Social Media Signal Value, Competitor Analysis serta Author Ship. 

 Sejalan dengan makin berkembangnya pemanfaatan web sebagai media bisnis, kebutuhan atas layanan SEO juga semakin meningkat.

 Berada pada posisi teratas hasil pencarian akan meningkatkan peluang sebuah perusahaan B2C atau pemasaran online untuk mendapatkan pelanggan baru. Peluang ini dimanfaatkan sejumlah pihak untuk menawarkan layanan optimisasi mesin pencari bagi perusahaan-perusahaan yang bergerak di bidang perdagangan elektronik (ecommerce).

Sejarah SEO



Menurut Danny Sullivan, istilah “search engine optimization” pertama kali digunakan pada 26 Juli tahun 1997 oleh sebuah pesan spam yang diposting di Usenet.
 Pada periode tersebut algoritma mesin pencari belum terlalu kompleks sehingga mudah dimanipulasi.
Versi awal algoritma pencarian didasarkan sepenuhnya pada informasi yang disediakan oleh webmaster melalui meta tag pada kode html situs web mereka. 
Meta tag menyediakan informasi tentang konten yang terkandung pada suatu halaman web dengan serangkaian kata kunci (keyword). 
Sebagian webmaster melakukan manipulasi dengan cara menuliskan katakunci yang tidak sesuai dengan konten situs yang sesungguhnya, sehingga mesin pencari salah menempatkan dan memeringkat situs tersebut. 
Hal ini menyebabkan hasil pencarian menjadi tidak akurat dan menimbulkan kerugian baik bagi mesin pencari maupun bagi pengguna internet yang mengharapkan informasi yang relevan dan berkualitas.
Larry Page dan Sergey Brin, dua mahasiswa doktoral ilmu komputer Universitas Stanford, berusaha mengatasi permasalahan tersebut dengan membangun Backrub, sebuah mesin pencari yang sepenuhnya mengandalkan algoritma matematis untuk memeringkat halaman web.
 Algoritma tersebut, yang dinamakan PageRank, merupakan nilai fungsi matematis yang kompleks dari kombinasi antara perhitungan jumlah link yang mengarah pada suatu halaman web dengan analisis atas bobot masing-masing link tersebut, dengan skala antara 1–10.
 Berdasarkan prinsip kerja PageRank, secara umum bisa dikatakan bahwa halaman web yang memperoleh peringkat tinggi adalah halaman web yang banyak di-link oleh halaman web lain. 
Nilai PageRank juga akan semakin tinggi apabila halaman web yang mengarah kepadanya juga memiliki peringkat yang tinggi. Jadi nilai sebuah link dari situs seperti Yahoo! bernilai lebih besar daripada kombinasi nilai link dari seratus situs web yang tak dikenal.

Backrub hanyalah sebuah embrio. Pada tahun 1998 Page dan Brin mendirikan Google yang merupakan versi "dewasa" dari Backrub. 
Dalam waktu singkat Google memperoleh reputasi dan kepercayaan dari publik pengguna internet karena berhasil menyajikan hasil pencarian yang relatif bersih (tidak dimanipulasi), cepat, dan relevan. 
PageRank lantas menjadi sistem standar baik bagi mesin pencari lain maupun bagi webmaster yang berusaha agar situs webnya memperoleh nilai PageRank setinggi mungkin sehingga menempati posisi tertinggi pada hasil pencarian.
Semoga Bermanfaat

No comments:

Post a Comment