Seringkali kita para pemerhati website dan blogger dihadapkan pada kata SEO.
Sebenarnya apakah SEO itu ?
Apakah gunanya ? Bagaimana cara membuatnya?
Dan berbagai pertanyaan lain yang muncul dari kata ini.
Sedikit ulasan dari kami mengenai SEO akan kita urai di pokok bahasan ini.
SEO (Search Engine Optimization) atau optimalisasi mesin pencari adalah serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis Kalau bahasa mudahnya adalah cara untuk
memaksimalkan apa yang anda buat di website anda supaya website anda
terbaca di search engine seperti google, yahoo, bing dan lain².
Tujuan SEO.
SEO bertujuan untuk meningkatkan kualitas/ volume kunjungan dari mesin pencari menuju ke situs tujuan alamat website tersebut artinya website tersebut mendapatkan traffic kunjungan dari search engine dan menempatkan website pada posisi teratas (atau setidaknya pada halaman pertama) dari hasil pencarian pada keyword yang telah ditentukan.
SEO juga
adalah sebuah teknik untuk memperbaiki peringkat situs Anda di search
engine. Teknik ini sebenarnya tidak ada yang baku, akan tetapi Anda
harus mengetahui Teknik secara benar agar dapat memperoleh hasil yang
maksimal. Anda dapat memperoleh informasi tentang SEO secara bebas di
Internet akan tetapi terkadang karena banyaknya informasi tersebut akan
membuat Anda semakin bingung bagaimana menjalani SEO secara benar.
Tekhnik SEO
Secara garis besar tekhnik SEO dibagi menjadi 2 bagian :
1.On Page SEO
2.Off Page SEO
On Page SEO
Adalah sebuah teknik pembuatan halaman Website yang Search Engine Friendly dengan memperhatikan
relevansi Keyword yang di bidik terhadap konten halaman itu sendiri. gambar di bawah ini
dapat mewakili secara garis besarnya.
Off Page SEO
Adalah sebuah teknik untuk membangun
Authority, Trust dan Relevansi Website Anda dengan halaman lain yang
memberikan Voting di Internet. Teknik SEO Off Page ini adalah 60% hal
terpenting dalam membuat Website dengan traffik tinggi melalui Search
Engine seperti: Google, Bing dan Yahoo. Ada beberapa Master SEO yang
mengatakan SEO Off Page adalah hanya Backlink,
akan tetapi setelah kita amati dengan mengikuti Update
Google Panda dan Google Pinguin. SEO Off Page menjadi lebih rumit.
Selain dari faktor Authority, Trust dan
Relevansi masih ada Diversity, IP dan masih banyak lagi, di tambah lagi
dengan Social Media Signal Value, Competitor Analysis serta Author Ship.
Sejalan dengan makin berkembangnya pemanfaatan web sebagai media bisnis,
kebutuhan atas layanan SEO juga semakin meningkat.
Berada pada posisi
teratas hasil pencarian akan meningkatkan peluang sebuah perusahaan B2C
atau pemasaran online untuk mendapatkan pelanggan baru. Peluang ini
dimanfaatkan sejumlah pihak untuk menawarkan layanan optimisasi mesin
pencari bagi perusahaan-perusahaan yang bergerak di bidang perdagangan
elektronik (ecommerce).
Sejarah SEO
Pada periode tersebut algoritma mesin pencari belum terlalu kompleks sehingga mudah dimanipulasi.
Versi awal algoritma pencarian didasarkan sepenuhnya pada informasi yang disediakan oleh webmaster melalui meta tag pada kode html situs web mereka.
Meta tag menyediakan informasi tentang konten yang terkandung pada suatu halaman web dengan serangkaian kata kunci (keyword).
Sebagian webmaster melakukan manipulasi dengan cara menuliskan katakunci yang tidak sesuai dengan konten situs yang sesungguhnya, sehingga mesin pencari salah menempatkan dan memeringkat situs tersebut.
Hal ini menyebabkan hasil pencarian menjadi tidak akurat dan menimbulkan kerugian baik bagi mesin pencari maupun bagi pengguna internet yang mengharapkan informasi yang relevan dan berkualitas.
Larry Page dan Sergey Brin, dua mahasiswa doktoral ilmu komputer Universitas Stanford, berusaha mengatasi permasalahan tersebut dengan membangun Backrub, sebuah mesin pencari yang sepenuhnya mengandalkan algoritma matematis untuk memeringkat halaman web.
Algoritma tersebut, yang dinamakan PageRank, merupakan nilai fungsi matematis yang kompleks dari kombinasi antara perhitungan jumlah link yang mengarah pada suatu halaman web dengan analisis atas bobot masing-masing link tersebut, dengan skala antara 1–10.
Berdasarkan prinsip kerja PageRank, secara umum bisa dikatakan bahwa halaman web yang memperoleh peringkat tinggi adalah halaman web yang banyak di-link oleh halaman web lain.
Nilai PageRank juga akan semakin tinggi apabila halaman web yang mengarah kepadanya juga memiliki peringkat yang tinggi. Jadi nilai sebuah link dari situs seperti Yahoo! bernilai lebih besar daripada kombinasi nilai link dari seratus situs web yang tak dikenal.
Backrub hanyalah sebuah embrio. Pada tahun 1998 Page dan Brin mendirikan Google yang merupakan versi "dewasa" dari Backrub.
Dalam waktu singkat Google memperoleh reputasi dan kepercayaan dari publik pengguna internet karena berhasil menyajikan hasil pencarian yang relatif bersih (tidak dimanipulasi), cepat, dan relevan.
PageRank lantas menjadi sistem standar baik bagi mesin pencari lain maupun bagi webmaster yang berusaha agar situs webnya memperoleh nilai PageRank setinggi mungkin sehingga menempati posisi tertinggi pada hasil pencarian.
Semoga Bermanfaat
No comments:
Post a Comment