Friday, January 31, 2014

Seputar DOMAIN

Pengertian DOMAIN

Domain adalah nama yang diberikan sebagai alamat website anda. Nama tersebut diberikan untuk mengidentifikasikan nama server komputer seperti web server atau email server di internet. 
Dengan kata lain domain juga sebagai pengganti deretan angka identitas dalam jaringan yang disebut IP Address. Dengan adanya domain maka sebuah alamat web/blog gampang dikenal dan diingat oleh pengunjungnya.




Pengertian Domain menurut wikipedia :

Domain adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau email server di jaringan komputer ataupun internet. Fungsi Domain adalah untuk mempermudah pengguna di internet pada saat melakukan akses ke server, selain juga dipakai untuk mengingat nama server yang dikunjungi tanpa harus mengenal deretan angka yang rumit yang dikenal sebagai IP address. Nama domain ini juga dikenal sebagai sebuah kesatuan dari sebuah situs web seperti contohnya "wikipedia.org". Nama domain kadang-kadang disebut pula dengan istilah URL, atau alamat website.

sumber: Wikipedia



Domain bisa dikatakan sebagai "merk dagang" produk dan jasa kita di dunia maya sehingga kita sebagai pemilik website harus benar-benar memikirkan nama yang tepat dan sesuai dengan website , agar gampang diingat oleh pengunjung dan tentunya sesuai dengan isi website kita.

Beberapa hal yang bisa digunakan sebagai pertimbangan dalam memilih domain yang baik adalah:
1. Membuat nama yang sesuai dan identik dengan isi website/ blog
Misal untuk nama toko online baju muslim anda bisa memilih nama bajumuslimcantik.com, baju-muslimmurah.com,bajumuslimbandung.com dll

2. Singkat, jelas dan mudah diingat
Jangan membuat  domain lebih dari 3 kata. Domain yang terlalu panjang akan menyulitkan untuk mengingatnya, disamping itu juga jangan menggunakan bahasa daerah karena domain yang digunakan bertujuan untuk pangsa pasar global.

3. Kemudian web digunakan untuk keperluan apa. Misal untuk toko online comersial lebih disarankan menggunakan .com.
Untuk kantor pemerintah dng .gov atau .go.id. untuk dunia pendidikan mis sekolah dan universitas disarankan menggunakan .ac.id karena masing-masing categori sudah disediakan berdasarkan fungsinya. go.id (goverment indonesia) atau .gov (government), .ac.id (academic id), .com (commercial) atau .co.id (commercial indonesia) dll

Jika sudah ketemu nama yang sesuai dengan 3 kriteria diatas, tinggal kita cek keberadaannya. Apakah sudah digunakan oleh orang lain atau belum. Karena satu nama domain hanya boleh digunakan oleh satu orang/organisasi.
Untuk mengeceknya silahkan buka http://whois.domaintools.com, anda tinggal masukkan nama domainnya. Di web tersebut juga tersedia informasi pemilik dan statusnya dsb. Jika statusnya masih belum digunakan, anda tinggal mendaftarkanya melalui perusahaan yang memberikan layanan pendaftaran domain.

Anda yang membutuhkan layanan untuk membuat domain dan hosting yang baru, silahkan menghubungi kami di nomor layanan yang tersedia di kontak website kami.



Level Domain
Top Level Domain adalah deretan kata dibelakang nama domain seperti

  1. .com (dotcommercial)
  2. .net (dotnetwork)
  3. .org(dotorganization)
  4. .edu(doteducation)
  5. .gov(dotgoverment)
  6. .mil(dotmilitary)
  7. .info (dotinfo)
  8. dll

Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment